Rabu, 02 Oktober 2013

# TEKNIK LINGKUNGAN DAN AMDAL (Tugas 1)

Tema : Kontribusi Kendaraan Bermotor Dalam Menghasilkan Karbon Monoksida/ CO2

KELANGSUNGAN ASAP DARI KENDARAAN BERMOTOR

Latar Belakang


- Jumlah asap kendaraan motor 2tak yang berbeda dengan kendaraan 4tak pada umumnya.
- Bahaya dari asap yang dihasilkan kendaraan motor 2tak lebih banyak dibanding 4tak.



Pendahuluan

Mendengar dari pemberitaan kabar lalu pada akhir tahun 2004 sampai awal tahun 2005 silam, produsen motor 2tak akan men-stop pembuatannya. Larangan motor 2tak tidak akan beredar lagi di jalan – jalan, dan bagi pemilik – pemilik yang masih menggunakan atau mempunyai motor bermesin 2tak, dari pihak kepolisian akan dilakukan penertiban atau menebus bahkan mengganti kendaraan tersebut dengan uang sewajarnya agar pengendara tidak menggunakan kembali kendaraan tersebut.


Pengamatan atau Tinjauan

Namun hingga saat ini pada tahun 2013 kabar yang dilansir diatas tidak benar – benar terjadi, kendaraan 2tak masih saja mempengaruhi penjualan. Bahkan sejumlah pabrikan sebut saja Kawasaki motor Indonesia tetap bersikukuh memproduksi, contoh Ninja 2tak yang hingga saat ini penjualannya masih diminati banyak peminat atau pecinta motor 2tak.
Kalau pun ada oknum – oknum kepolisian yang melakukan tilang khusus pada pengendara motor 2tak padahal peraturannya memang belum ada, ternyata itu hanya pemeriksaan seperti sewajarnya, contoh kelengkapan dari kendaraan tersebut dan perlengkapan surat nomor kendaraan maupun sebagainya. Namun pada kendaraan khusus 2tak ini ternyata tilang bertujuan untuk memeriksa emisi gas buang saja. 
Ketentuan batas gas emisi buang ini memang akan diberlakukan pada tahun 2005 kemarin, namun hal ini tidak sepenuhnya terjadi. Karena dari Departemen Lingkungan Hidup sendiri belum sepenuhnya menetapkan ketentuan ini.
Ternyata program yang akan diberlakukan pada tahun 2005 silam merupakan program Langit Biru EURO II yang merupakan ketetapan dari pertemuan antar Negara beberapa waktu lalu. Dimana EURO II ini ketentuan standar emisi gas buangnya lebih ketat daripada EURO I sebelumnya. Selain itu program ini membahas emisi gas buang yang dikeluarkan oleh kendaraan diesel yang sebelumnya tidak dibicarakan dalam EURO I.
Emisi gas buang ternyata juga dipengaruhi oleh bahan bakar seperti bensin atau premium karena dalam kandungannya masih banyak timbal dibandingkan dengan bahan bakar lainnya seperti pertamax. Ini menyebabkan harga pertamax lebih mahal dibandingkan premium. Karena pertamax proses penyulingannya dilakukan berulang – ulang.
Bila dilihat dengan kasat mata memang asap kendaraan yang dihasilkan oleh motor bermesin 2tak lebih banyak dibanding yang bermesin 4tak. Bahkan ada yang mengatakan emisi gas buang yang dikeluarkan oleh kendaraan 4tak jauh lebih berbahaya bila dibandingkan emisi gas buang  motor 2tak. Karena dalam emisi gas buang motor 4tak mengandung racun NOX dan CO2, sedangkan 2tak hanya mengandung unsur bensin dan campuran oli saja.
Jumlah asap yang keluar dari kendaraan motor 2tak maupun 4tak sebenarnya dipengaruhi oleh bensin yang berkualitas bagus yang dapat meningkatkan komponen seperti oktan didalamnya, oktan yang rendah dapat membuat kendaraan mengelitik dan oktan yang tinggi dapat memberikan daya tahan terhadap mesin kendaraan tersebut



Data

Kandungan CO2 dalam emisi gas buang motor bermesin 2tak emisinya lebih tinggi daripada CO2 yang dibuang oleh yang bermesin 4tak, bahayanya ketika ada kendaraan 4tak yang tidak dipelihara dengan baik, efeknya lebih mematikan buat manusia. Motor bermesin 4tak yang kurang perawatan kepulan asap pasti akan keluar dari knalpot. Jadi kesimpulan tentang jumlah banyaknya asap yang keluar dari kendaraan 2tak maupun 4tak, perawatan kendaraan tersebut sangat dipengaruhi, contohnya tergantung si pengandara merawat mesin kendaraannya, walaupun motor 2tak yang biasa disebut sebagai motor penghasil asap terbanyak, hal itu memang benar, namun dikendaraan 4tak asap akan keluar dengan jumlah yang banyak jika mesin tidak dirawat dengan baik, jadi mempengaruhi emisi gas buang pada mesin 4tak, mestinya mesin 4tak tidak mengeluarkan asap. Sementara pada mesin 2tak memang membuat polusi lebih tinggi, sama halnya dengan emisi gas buang dari mesin diesel yang sebenarnya mayoritas karbon tidak berbahaya, tapi efeknya lebih signifikan asapnya lebih tinggi.

Pembahasan
Kendaraan bermotor mempermudah urusan transportasi. Tetapi pembuangan asapnya mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan. Asap knalpot yang berbahaya hampir tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Padahal jumlah kendaraan bermotor yang meningkat setiap saat. Dibutuhkan kesadaran bersama dalam menangani masalah tersebut.
Besarnya kendaraan bermotor yang berseliweran menyumbang tingginya polusi udara. Sayangnya, belum banyak digunakan bahan bakar yang ramah terhadap lingkungan. Para ilmuwan semakin sibuk untuk menemukan alternatif baru menciptakan bahan bakar yang ramah lingkungan. Beberapa pilihan bahan bakar itu adalah listrik dan gas. Namun keduanya belum bisa digunakan secara massal, karena masih dalam tahap penelitian dan percobaan.
Bahaya Asap Kendaraan Bermotor, selain menguntungkan, bahaya asap kendaraan bermotor mengintai siapa saja. Baik manusia dan lingkungan. Dikarenakan oleh hasil pembakaran yang tidak sempurna, berupa CO2 (karbodioksida). Apa saja dampak buruknya, seperti : Mengganggu sistem pernapasan pada manusia dan rentan terkena penyakit, menggangu dalam proses fotosintesis pada tumbuhan, menurunnya jumlah oksigen dikarenakan meningkatnya jumlah karbondioksida, dan menipisnya lapisan ozon sehingga meningkatkan pemanasan bumi.

Kesimpulan
Solusi atau pencegahan harus dilakukan untuk menanggulangi bahayanya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Transportasi Menggunakan Sepeda, selain ramah lingkungan, sepeda juga menyehatkan tubuh.
2. Gunakan Kendaraan bermotor yang Layak Jalan, penggunaan kendaraan yang beremisi tinggi harus ditiadakan. Paling tidak cara ini digunakan sebagai upaya pengurangan polusi udara yang kian memprihatinkan. Patuhi standar emisi yang ditetapkan pemerintah dan lakukan perawatan kendaraan motor secara berkala.
3. Car Free Day, kota-kota besar identik dengan polusi udara yang besar juga. Di tambah lagi dengan ruang terbuka bagi masyarakat yang kurang memadai. Alasan inilah yang setidaknya memunculkan program car free day.
4. Menggunakan Alat Transportasi Umum, memanfaatkan bus, kereta dan transportasi umum lainnya bisa menjadi alternatif. Setidaknya bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang hanya akan menambah macet dan polusi udara yang meningkat. Peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam menciptakan alat transportasi massal yang memadai.
5. Penanaman Pohon, rimbunnya pepohonan di jalan bisa menetralisis pencemaran udara. Sehingga udara menjadi lebih sejuk dan tidak panas. Reboisasi atau penanaman kembali adalah program yang harus terus dijalankan. Selalu menjaga kelestarian pepohonan dengan tidak merusak atau memasang poster liar yang merusak keindahannya.
6. Menemukan Teknologi Baru, semakin banyak penemuan dan percobaan yang dilakukan untuk menciptakan teknologi baru yang ramah lingkungan. Karena dengan teknologi yang yang ramah itu akan menciptakan lingkungan yang lebih asri. Kerusakan alam bisa dicegah dan kesehatan juga lebih terjaga. Kandungan Bahan Bakar Minyak (BBM) di dalam perut bumi akan habis karena tidak bisa diperbaharui. Bahan bakar alternatif yang mulai dikembangkan adalah bahan bakar gas dan tenaga listrik. Mobil listrik dinyakini sebagai salah satu alternatif kendaraan yang ramah lingkungan.
Masih banyak cara lain dalam upaya pelestarian alam. Langkah di atas hanyalah sebagian kecilnya saja. Cintai lingkungan agar alam tetap asri dan tidak melahirkan bencana di kemudian hari.
Daftar Pustaka
Sumber gambaran referensi tulisan :

http://groups.yahoo.com/neo/groups/vespa-indonesia/conversations/topics/31998
http://jujubandung.biz/2013/08/04/selamatkan-bumi-dari-asap-kendaraan-bermotor/